Tips Membuka Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Bisnisnesia.net – Tips menjalankan usaha warung kopi sederhana dan mengambil keuntungan besar menggunakan promosi free wifi. Berbicara mengenai ide peluang usaha yang menjanjikan, membuka usaha kedai kopi merupakan salah satu bisnis offline dengan modal kecil-kecilan yang cocok untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Jika kita analisa usaha warung kopi free wifi, sederhana dan tempatnya yang strategis, usaha ini sebenarnya mampu meraup profit tinggi (keuntungan besar) apabila anda menjalankannya dengan tekad, ulet, kerja keras dan serius.

Mengapa harus bisnis kedai kopi? Jika berbicara mengenai kopi, siapa yang tidak mengenal minuman kopi? Tentunya semua orang pasti mengenal apa itu minuman kopi. Meminum kopi dianggap sebagai penyemangat dan obat mujarab untuk menunda rasa kantuk. Maka dari itu tidak heran jika kopi sangat banyak penggemar dan penikmatnya baik dikalangan menengah kebawah maupun menengah keatas.

Selain potensinya yang sangat baik, memulai warung usaha kopi kecil-kecilan sangat cocok di berbagai jenis tempat. anda bisa membuka usaha kedai kopi minimalis dengan modal kecil di berbagi tempat seperti di desa maupun di kota.

Tips memulai usaha warung kopi sederhana

Menentukan Lokasi

Cari tempat usaha warung kopi tidak perlu terlalu megah ataupun mewah bagi anda yang masih bermodalkan kecil-kecilan. Anda bisa menggunakan gerobak untuk membuka usaha kedai kopi kaki lima sederhana. Namun jika anda memiliki modal yang mencukupi untuk mengkontrak tempat di desa maupun di kota dimana tempat tersebut sangat strategis, ramai akan penduduk kami sarankan untuk menambahkan layanan free wifi atau wifi gratis agar pelanggan lebih betah untuk tinggal di warung kopi anda.

Berikut ini beberapa konsep warung kopi sederhana dan unik yang dapat menggait banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Konsep warung kopi sederhana

usaha warung kopi sederhana

usaha kedai kopi

baca juga: 12 Jenis Bisnis Jangka Panjang yang Menguntungkan Tahun 2018

Analisa Rincian Biaya Usaha Warung Kopi

Nah, sebelum anda memulai membuka bisnis kecil-kecilan ini alangkah baiknya anda melakukan perencanaan perkiraan anggaran warung kopi sederhana.

Menentukan besar kecil modal untuk membuka sebuah usaha menjadi salah satu faktor krusial di awal-awal sebuah perencanaan. Banyak para pewira usaha yang tidak melangkahkan kakinya untuk menggeluti bisnis idamannya lantaran alasan terbentur modal.

Menentukan modal bisa dengan dua cara yaitu menyesuaikan budget yang ada atau dengan menyusun modal usaha kedai / warung kopi terlebih dahulu baru mencari modal anda setelahnya.

Perlu diingat dan penting adalah menentukan modal usaha harus ideal jangan terlalu memaksakan dan juga jangan terlalu merampingkan.

Modal yang terlalu besar dan terlalu jauh dari jangkauan bisa jadi akan membuat usaha anda tertunda bahkan bisa gagal sebelum bertindak.

Alangkah baiknya jika menentukan sendiri kemampuan modal anda baru kita menentukan akan seperti apa warung kopi yang akan kita jalankan nantinya.

Membuat warung kopi sederhana dengan tenda di depan toko di sebuah kota tentu akan lebih hemat biaya dibandingkan anda harus membeli kios meskipun kios kecil untuk membangun usaha warung kopi anda.

Kreatifitas dan keunikan akan membuat warung kopi sederhana akan terasa lebih spesial terutama jika target konsumen anda adalah dari kalangan usia muda.

Tempat yang bersih,meja yang rapi bahkan cangkir ekslusif bisa menjadi daya tarik konsumen untuk menjadi pelanggan.

Berikut ini contoh penulisan sederhana anggaran modal usaha warung kopi kecil-kecilan. Anggap saja di bawah ini merupakan estimasi biaya yang dikeluarkan untuk membuka usaha warung kopi dengan menggunakan gerobak.

Perkiraan biaya membuka usaha kedai kopi

Gerobak Rp                  2.500.000
Kompor Gas dan Pendukungnya Rp                  1.000.000
3 Set Meja Kursi + Tikar Lesehan Rp                  1.500.000
Modal awal Rp                  1.500.000
Biaya tidak terduga Rp                      500.000
Total Rp            7.000.000,00

Penulisan diatas hanya sebagai contoh sederhana penganggaran estimasi pembuatan dan alat – alat untuk membuat warung kopi / kedai kopi sederhana. Pada kenyataanya anda bisa menuliskan anggaran per item dari setiap barang yang akan dibeli hingga biaya transportsi dan sebagainya.

Besar biaya bisa diatur dengan menyesuaikan budget anda,bisa lebih kecil atau lebih besar karena pada kenyataanya tidak semua barang harus dibeli dan baru.

Bisa saja anda hanya memanfaatkan meja kursi bekas di rumah anda yang di cat ulang atau membeli barang bekas dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Gandeng Partner Bisnis Terbaik

Jika semua persyaratan diatas telah terpenuhi maka mulailah berbenah untuk membangun bisnis pertama anda ini. Saya yakin jika anda harus menjalankan usaha ini sendiri anda akan merasa kewalahan apalagi jika ini adalah usaha pertama anda. Mengajak partner untuk membantu berjalanya bisnis merupakan langkah yang tepat.

Partner ini bisa saja karyawan anda sendiri,atau lebih baik jika ia adalah istri atau suami anda. Partner yang bersemangat dan mempunyai visi dan misi yang saling mendukung akan sangat baik sebagai teman dan orang yang akan memberikan nasehat dan masukan dalam menjalankan usaha nantinya.

Promosi

Apabila anda sudah menentukan semua langkah diatas mulai dari mencari tempat yang bagus untuk membuka usaha kedai kopi unik dan sedehana sampai ke anggaran biaya pembuatan kedai dan partner kerja maka jangan lagi menunda waktu anda bersiaplah dan mulai jalankan usaha warung kopi sederhana secepatnya. Barangkali menjadi rahasia umum jika sebuah bisnis makanan dan minuman akan terkendala di awal usahanya.

Orang belum banyak yang tahu dan langganan anda belum ada. Disinilah pentingnya sebuah promosi,lakukan promosi sederhana dengan mengundang teman-teman dan keluarga anda datang ke tempat usaha baru tersebut setidaknya satu bulan pertama.

Dengan banyaknya konsumen atau pembeli yang sebenarnya teman dan saudara anda sendiri ini akan memancing pembeli lain untuk mencoba kedai anda.

Sebuah warung yang ramai menandakan ada kelebihan dibanding warung lain yang sepi bisa jadi karena rasanya yang enak harganya yang terjangkau,pelayanan yang baik atau bahkan perpaduan dari ketiganya.

baca juga: 32 Ide Peluang Usaha yang Menjanjikan Mendatangkan Keuntungan Jutaan Rupiah

Tingkatkan Kualitas Pelayanan,Kebersihan dan Harga

Pembeli pertama anda pasti akan menjadi awal kebahagian ketika anda mulai membuka usaha warung kopi. Dan pastinya kita mengharap akan ada para pembeli berikutnya berdatangan dan menjadi pelanggan.

Sayangnya para pelanggan dan pembeli baru akan datang berterusan jika kita memiliki keunggulan di banding para pebisnis sejenis lainya. Artinya kita harus terus waspada dan harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan,keramah tamahan dan kebersihan serta harga yang sesuai.

Banyak para pedagang warung sederhana yang awal usahanya selalu ramah dan menjaga kebersihan namun lambut laun mereka lalai dengan itu semua.

Kembangkan Usaha Warung Kopi Sederhana Anda Berterusan

Barangkali pada awal usaha anda warung kopi sederhana tersebut hanya menyediakan kopi panas dan beberapa minuman standard rumahan lain dan beberapa makanan ringan seperti pisang goreng dan tempe goreng.

Seiring berjalanya waktu akan banyak komentar dari para pelanggan tentang menu yang harus di tambah.

Ini adalah kritik dan masukan positif,jika diperlukan catat semua masukan para pelanggan misalnya banyak pelanggan yang meminta disediakan minuman jahe susu,atau minuman tradisional lain.

Nah demikianlah sedikit singkat ulasan mengenai Tips memulai Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan dan Menjanjikan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih

Leave a Reply